Rabu, 16 November 2011

PEMASARAN

Pengertian Pasar & Pemasaran
Pengertian Pasar
Tempat bertemunya penjual dan pembeli dimana terjadi kesepakatan harga antara kedua pihak yang saling menguntungkan.

Pengertian Pemasaran
Kegiatan usaha untuk menjalankan produk (barang/jasa) dari produsen ke konsumen untuk terciptanya kelancaran suatu pasar.

Jenis-Jenis Pasar

Pasar Konsumen
Pasar yang pembelinya membeli barang/jasa untuk langsung digunakan.

Pasar Industri
Pasar yang pembelinya membeli barang/jasa yang digunakan untuk menghasilkan/produksi barang lain.

Pasar Penjual
Pasar yang pembelinya membeli barang/jasa yang kemudian dijual kembali untuk memperoleh keuntungan.

Pasar Pemerintah
Pasar yang berfungsi untuk menjalankan tugas pemerintah.

Konsep-Konsep Inti Pemasaran

Konsep Produksi
Memproduksi barang / jasa sebanyak mungkin. Manajemen memudahkan konsumen untuk mendapatkannya dengan harga yang relative murah.

Konsep Produk
Selalu melakukan penyempurnaan produksi barang/jasa. Manajemen membuat konsumen menyukai, menghargai mutu dan kualitas dari suatu produk/jasa.

Konsep Penjualan
Menjual barang/jasa dengan melakukan promosi karena konsumen enggan untuk membeli suatu produk yang lebih. Maka manajemen mengusahakan untuk memikat konsumen.

Konsep Pemasaran
Memenuhi kebutuhan pengguna atau konsumen dengan efektif dan efisien dari para pesaing.

Manajemen Pemasaran

Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
Di pasar terjadi kegiatan jual beli barang / jasa sehingga terjalin komunikasi antara produsen dan konsumen agar terciptanya kesepakatan harga yang tetap menguntungkan kedua pihak.
Produsen mengajukan penawaran (supply) atas produk yang dibutuhkan dan konsumen mengajukan permintaan (demand). 

Falsafah Manajemen Pemasaran
menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran

Bauran Pemasaran
Merupakan kegiatan inti pemasaran suatu perusahaan, yaitu:

Produk
Bentuk penawaran dari perusahaan yang dapat dilihat, dipegang, dibeli, dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Harga
Membayar dengan uang dengan jumlah yang sudah ditetapkan untuk membeli produk yang dibutuhkan atau diinginkan. Sebaiknya harga sesuai dengan kualitas dan terjangkau oleh konsumen.

Saluran Distribusi
Kegiatan untuk menyalurkan atau menempatkan produk dari produsen ke tempat yang mudah dijangkau/diperoleh para konsumen.

Promosi
Berbagai cara yang dapat digunakan perusahaan untuk menjual produk ke konsumen dengan tujuan produk laku di pasaran.

Tujuan Sistem Pemasaran
1.      Memaksimalkan konsumsi
2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen
3.      Memaksimalkan mutu hidup

Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran

Pendekatan serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu:
pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.

Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal: produsen, suplier, perantara dagang dsb.

Pendekatan serba barang
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industry.

Pendekatan serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.

Pendekatan serba system
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.