Tema: Kesehatan Ekonomi
Pengarang: Gerard J. Wedig dan Ming Tai-Seale
Tahun: 2002
Judul: Pengaruh kartu laporan pada
pilihan konsumen di pasar asuransi kesehatan
Latar Belakang Masalah
Rapor membantu konsumen membuat
pilihan yang lebih baik atas informasi antara produk dan jasa yang mereka
konsumsi. Dalam kasus asuransi
kesehatan, kartu laporan berusaha menerjemahkan data yang kompleks tentang
manfaat program pensiun dan perawatan ke dalam sejumlah dimensi kecil yang
dapat dimengerti dan berguna untuk para pengguna. Rapor yang efektif memperluas
informasi yang berarti bagi konsumen dan memungkinkan mereka untuk memilih
rencana kesehatan yang menawarkan trade
off terbaik antara kualitas dan biaya. Pengaruh kartu laporan pada pengambilan
keputusan konsumen tergantung pada informasi yang dimiliki konsumen mengenai
rencana asuransi kesehatan dengan tidak adanya kartu laporan.
Masalah
Pada tahun 1995 semua karyawan federal diberi
kartu laporan hanya terbatas, sedangkan pada tahun 1996 kartu laporan sudah
diterapkan secara luas. Peneliti memusatkan perhatian pada kualitas rencana kesehatan
dan cakupan yang luas di tahun 1995 dan 1996 dalam rangka mengukur pengaruh
kartu laporan pada pengambilan keputusan konsumen.
Metodelogi
Data:
Data primer untuk
penelitian ini disediakan oleh Kantor Manajemen Personalia (OPM). OPM memberikan
data pilihan karyawan federal AS terhadap rencana kesehatan di tahun 1995 dan
1996. Penelitian ini membandingkan sampel kecil dari karyawan baru dengan
sampel yang lebih besar dari karyawan federal yang ada.
Variabel:
Jurnal ini
menggunakan metode empiris. Untuk membandingkan karyawan federal yang ada
dengan karyawan baru, menggunakan variabel ukuran perorangan dan ukuran rencana
kesehatan.
Hasil
Hasil penelitian
ini menunjukkan pembuatan rapor dapat mempengaruhi pilihan konsumen. Namun,
tidak diikuti bahwa rapor meningkatkan hasil pasar asuransi kesehatan kecuali
bisa diverifikasi bahwa rapor memberikan tindakan yang valid terhadap kualitas
perawatan. Secara signifikan, penelitian ini juga menemukan bahwa banyak ukuran
rapor yang sangat berkorelasi/ berhubungan. Ini mungkin menjadi aset dari sudut
pandang konsumen.
Konsumen tampaknya bisa mendapatkan gambaran lengkap
tentang ukuran kualitas secara subjektif dengan fokus hanya pada beberapa
laporan tindakan perawatan. Pemberian beberapa tindakan ini merupakan indikator
yang valid untuk kualitas, dan pelaporannya mungkin memiliki dampak yang
signifikan terhadap efisiensi pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar