Minggu, 21 Oktober 2012

Analisis Jurnal Anteseden Model Jalur PLS untuk Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Keuangan UKM di Thailand


Tema : Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Keuangan
Pengarang : Boonthawan Wingwon and Montree Piriyakul
Tahun : 2010
Judul : Anteseden Model Jalur PLS untuk Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Keuangan UKM di Thailand
Latar belakang masalah :
Penelitian ini, difokuskan pada pendahulunya  dari model jalur untuk keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan UKM dengan tujuan utama untuk melihat tingkat pengaruh anteseden bersama-sama dengan mediasi peran logistik, operasi dan kinerja pemasaran sebagai link yang terhubung dari kewirausahaan dan kepemimpinan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan.
Masalah :
Perusahaan baik kecil dan menengah yang didirikan dengan kunci tujuan yang sama untuk mencapai keuntungan tertinggi untuk kelangsungan hidup bisnis yang harus bergantung pada penjualan produk atau jasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak perusahaan menghasilkan produk atau jasa serupa dan mereka harus mencari arah dan memanfaatkan strategi yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang lebih tinggi atau pangsa pasar.
Oleh karena itu, untuk perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, mereka akan diminta untuk membangun kompetitif Keuntungan (Porter, 1980) yang terdiri dari 3 utama Strategi: (1) biaya strategi kepemimpinan, (2) diferensiasi strategi dan (3) strategi fokus. Setiap perusahaan dipilih strategi yang tepat sesuai dengan konteks bisnis mereka dan lingkungan (Wingwon, 2007b: 58).
Metodologi :
-          Data:
·         Pengusaha
Pengusaha adalah pengambilan risiko orang yang mengaktifkan inovasi aplikasi dan dengan demikian, fokusnya adalah pada proaktif manajemen yang akan menghasilkan produk dan jasa.
·         Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah sebuah status yang individu mengantisipasinya dengan
membayangkan, fleksibilitas, ketahanan pemikiran, strategis dan kemampuan untuk bekerja bersama-sama dengan orang lain dalam organisasi untuk maju ke kesuksesan dan tujuan organisasi.
·         Kinerja Operasi
Kinerja operasi umumnya menyangkut produksi kegiatan seperti biaya produksi, kualitas produk, penelitian dan pengembangan produk baru atau jasa dan bahan baku manipulasi.
·         Kinerja Pemasaran
Kinerja pemasaran adalah suatu indikator dari berkelanjutan berdiri dalam operasi bisnis, yang sebagian besar ditunjukkan oleh pangsa pasar, volume penjualan, retensi ada pelanggan dan penemuan pelanggan baru.
·         Kinerja Keuangan
Kinerja keuangan merupakan indikator bisnis keberhasilan atau kegagalan yang dapat dilihat dari ROI, ROE, kas aliran likuiditas dan lain-lain.
·         Keunggulan kompetitif
Keunggulan kompetitif adalah keunggulan bisnis status dalam konteks kompetitif.

-          Variabel :
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Sampel dari 450 UKM diambil secara acak dari populasi target 1.850 perusahaan di Chiangrai, Chiagmai, Lamphun dan provinsi Lampang di bagian utara Thailand. Para asisten peneliti ditugaskan untuk mengumpulkan perusahaan data dari manajer umum atau delegasi resmi baik melalui wawancara atau dengan dikelola sendiri kuesioner.

Hasil :
Ini berarti bahwa, untuk kinerja keuangan yang baik, perusahaan harus berorientasi pasar, yaitu, memperhatikan pelanggan, respon atas pembelian mengambil pesanan, pengiriman produk tepat waktu dan efisiensi fleksibilitas untuk memenuhi harapan pelanggan, kontrol pencegahan penjualan, pangsa pasar drop dan fokus pada basis pelanggan ekspansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar