Selasa, 16 Oktober 2012

Teori Ekonomi "Tugas Paper 1"


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dalam kegiatan ekonomi, terjadi permintaan (demand) dan penawaran (supply) suatu barang/jasa antara konsumen dan produsen. Pertemuan antara permintaan dan penawaran membentuk harga pasar dalam satu titik yang disebut titik keseimbangan (equilibrium).
Pada dasarnya, permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar muncul dalam berbagai kondisi yang menimbulkan macam-macam bentuk permintaan dan penawaran beserta efeknya.
Dalam ilmu ekonomi hukum permintaan menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah maka jumlah barang yang diminta meningkat. Sedangkan hukum penawaran menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat positif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan.
Oleh karena itu, kami akan membahas kegiatan ekonomi dimana permintaan bertambah namun penawaran tetap.

1.2    Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diperoleh berdasarkan latar belakang di atas yaitu alasan apa saja yang menyebabkan permintaan bertambah namun penawaran tetap?

1.3    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan paper ini untuk mengetahui dan menjelaskan alasan yang menyebabkan jumlah permintaan bertambah namun penawarannya tetap.

1.4    Metodologi
          Metode yang kami ambil dalam penulisan ini adalah deskriptif analisis, yaitu dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan suatu permasalahan sehingga dapat dengan jelas dianalisis dan ditarik kesimpulan. Selain itu, kami juga menggunakan metode studi pustaka yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dari internet dan buku-buku yang berhubungan dengan topik permasalahan paper kami.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Hukum Permintaan
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”
Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).

2.2    Kurva Permintaan Meningkat , Penawaran Tetap

Ada pergeseran kurva permintaan (D1) ke kanan sehingga membentuk kurva permintaan baru (D2). Kurva permintaan bergeser ke kanan menunjukkan adanya penambahan permintaan yang disebabkan oleh perubahan pendapatan yang meningkat sehingga barang yang dikonsumsi bertambah dan harga menjadi naik karena penawarannya tetap (S1). Contohnya konsumen membeli barang yang lebih banyak dan harga yang relatif lebih tinggi demi memenuhi kepuasan karena pendapatannya yang meningkat.

2.3    Hukum Penawaran
“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”



Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

2.4    Alasan yang Mempengaruhi Permintaan Meningkat
Di saat penawaran tetap, permintaan bisa meningkat karena konsumen mempunyai alasan sebagai berikut:
1.    Perilaku konsumen / selera konsumen
Banyak konsumen mencari handphone yang dilengkapi fasilitas musik, kamera, internet dll. Maka permintaan akan handphone yang memiliki fasilitas tersebut bertambah.
2.      Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Jadi jumlah permintaan bertambah disebabkan oleh perubahan pendapatan dan selera konsumen yang meningkat sehingga barang yang dikonsumsi bertambah dan harga menjadi naik di saat penawarannya tetap.

Daftar Pustaka

Rahardja, Pratamadan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta: FEUI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar