Senin, 01 Juli 2013

Analisis Jurnal: Pengaruh kartu laporan pada pilihan konsumen di pasar asuransi kesehatan

Tema: Kesehatan Ekonomi
Pengarang: Gerard J. Wedig dan  Ming Tai-Seale 
Tahun: 2002

Judul: Pengaruh kartu laporan pada pilihan konsumen di pasar asuransi kesehatan
Latar Belakang Masalah
Rapor membantu konsumen membuat pilihan yang lebih baik atas informasi antara produk dan jasa yang mereka konsumsi. Dalam kasus asuransi kesehatan, kartu laporan berusaha menerjemahkan data yang kompleks tentang manfaat program pensiun dan perawatan ke dalam sejumlah dimensi kecil yang dapat dimengerti dan berguna untuk para pengguna. Rapor yang efektif memperluas informasi yang berarti bagi konsumen dan memungkinkan mereka untuk memilih rencana kesehatan yang menawarkan trade off terbaik antara kualitas dan biaya. Pengaruh kartu laporan pada pengambilan keputusan konsumen tergantung pada informasi yang dimiliki konsumen mengenai rencana asuransi kesehatan dengan tidak adanya kartu laporan.
Masalah
Pada tahun 1995 semua karyawan federal diberi kartu laporan hanya terbatas, sedangkan pada tahun 1996 kartu laporan sudah diterapkan secara luas. Peneliti memusatkan perhatian pada kualitas rencana kesehatan dan cakupan yang luas di tahun 1995 dan 1996 dalam rangka mengukur pengaruh kartu laporan pada pengambilan keputusan konsumen.
Metodelogi
Data:
Data primer untuk penelitian ini disediakan oleh Kantor Manajemen Personalia (OPM). OPM memberikan data pilihan karyawan federal AS terhadap rencana kesehatan di tahun 1995 dan 1996. Penelitian ini membandingkan sampel kecil dari karyawan baru dengan sampel yang lebih besar dari karyawan federal yang ada.
Variabel:
Jurnal ini menggunakan metode empiris. Untuk membandingkan karyawan federal yang ada dengan karyawan baru, menggunakan variabel ukuran perorangan dan ukuran rencana kesehatan.
Hasil
Hasil penelitian ini menunjukkan pembuatan rapor dapat mempengaruhi pilihan konsumen. Namun, tidak diikuti bahwa rapor meningkatkan hasil pasar asuransi kesehatan kecuali bisa diverifikasi bahwa rapor memberikan tindakan yang valid terhadap kualitas perawatan. Secara signifikan, penelitian ini juga menemukan bahwa banyak ukuran rapor yang sangat berkorelasi/ berhubungan. Ini mungkin menjadi aset dari sudut pandang konsumen.
Konsumen tampaknya bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang ukuran kualitas secara subjektif dengan fokus hanya pada beberapa laporan tindakan perawatan. Pemberian beberapa tindakan ini merupakan indikator yang valid untuk kualitas, dan pelaporannya mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap efisiensi pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar